cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 17 Documents clear
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 04 TEBING TINGGI Aprillia, Ulfa Dwi; Syahlan, Syahlan; Hasratuddin, Hasratuddin
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to determine whether the CTL learning model is effective against students' mathematical communication disposition and abilities. This research is a quantitative study, the population is students of class X SMA 04 Tebing Tinggi in the academic year 2019/2020. Randomly selected two classes randomly selected namely class X MIA 2 as an experimental class using the CTL learning model and class X MIA 4 as a control class that uses a direct learning model. Data collection methods are the method of observation, tests, and disposition questionnaires. The analysis was performed using the Simple Linear Regression Test. The results of this study indicate that: (1) the influence of CTL on mathematical communication is 91.3%; (2) the effect of CTL on mathematical disposition was 52.7%; (3) communication skills in the control class are better than the experimental class; (4) the mathematical disposition of experimental class students is better than the control class; (5) mathematical disposition has a positive effect on the ability of mathematical communication in the experimental class.Keywords: contextual teaching and learning, mathematical disposition, communication ability
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH Roslina, Roslina; Sulastri, Rini; Milasari, Milasari
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu meningkatkan prestasi belajar siswa adalah melalui pembelajaran Team Quiz. Team Quiz merupakan salah satu tipe model pembelajaran active learning. Dengan pendekatan atau pembelajaran Team Quizini siswa diharapkan aktif belajar, siswa mampu mampu bertanya maupun menjawab dan meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team quizpada materi bilangan pecahan siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian dengan taraf signifikan   =0,05 dan derajat kebebasan dk= 15 menunjukkan uji t=table yaitu t=1,7. Oleh karena itu, t hit> t tab  atau 4,14 > 1,17 maka hipotesis  Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh dengan menggunakan model team quiz sudah mencapai taraf berhasil.Kata kunci : Model Kooperatif, Team Quiz, Bilangan Pecahan
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TRIGONOMETRI Ardy Fauzi Rachman; Risma Amelia
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat yang diambil sampelnya sebanyak 35 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir kreatif matematis yang sudah divalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan berupa soal jenis uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan non tes yang digunakan berupa wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase kecapaian indikator keaslian sebesar 44,76%, elaborasi sebesar 48,57%, kelancaran sebesar 43,33%, dan kelenturan sebesar 32,86% . Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan seperti siswa lupa menggunakan rumus yang tepat, kesalahan dalam proses perhitungan, tidak menuliskan kembali unsur-unsur yang diketahui, dan kesalahan dalam memahami soal. Kata Kunci: Kabupaten Bandung Barat, Kemampuan Berpikir Kreatif, Trigonometri.
ANALISIS KESULITAN SISWA SMK PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI Riana Riana; Fitri Indah Maulani; Puji Nurfauziah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal tes mengenai materi Trigonometri pada siswa SMK kelas X di kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Penelitian dilakukan dengan  subjek sampel sebanyak 29 orang siswa kelas X di salah satu SMK di kota Cimahi. Soal tes yang diberikan berupa 5 soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal no 5 yaitu pada indikator menentukan nilai perbandingan triginometri dari sudut-sudut istimewa dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika, hal ini terlihat pada persentase rata-rata no 5 sebesar 14% yang menjawab benar.Kata-kata kunci:Analisis Kesulitan, Trigonometri, Matematika.
KONTRIBUSI SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA Fitri Indah Maulani; Rina Amalia; Luvy Sylviana Zanthy
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMA Negeri 4 Cimahi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Cimahi. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Jenis penelitian ini termasuk penelitian expost facto, yang menggunakan uji statistik analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa thitung sebesar 3.898 > ttabel 2.032 dimana nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian terdapat self-efficacy berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika. Kata-kata kunci: Self efficacy, Prestasi Belajar Matematika, Kontribusi.
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Finariyati Finariyati; Arief Aulia Rahman; Yuli Amalia
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Kevalidan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan, Kepraktisan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan, Efektivitas modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model Borg and Gell, dan tahap kedua mengujicobakan modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kaway XVI untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu rata-rata skor 4,5 dengan tingkat kevalidan 4 16≤Va<5">  berdasarkan hasil validasi para ahli, Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85% melalui uji Coba II dan ketuntasan tujuan pembelajaran, kepraktisan modul matematika melalui angket respon positif siswa terhadap modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan mendapatkan respon postif. Kata Kunci :  Pengembangan Modul, Model Borg and Gall, Etnomatematika, Pemecahan Masalah.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG Iis Budiyanti Putridayani; Siti Chotimah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya materi peluang pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cipeundeuy. Jenis serta pendekatan yang diambil pada penelitian yaitu jenis penelitian deskriptif  dan pendekatan kualitatif adapun cara untuk mengetahui data dengan menggunakan rumus presentase P = f/n x 100 %. Dari penelitian juga dapat disimpulkan kesulitan siswa kelas XI IPS dalam pelajaran matematika pada materi peluang yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam konsep materi peluang, kurang tepatanya penggunaan rumus dalam menyelesaikan setiap soal. Serta siswa  kurang memiliki rasa ingin tahu dan kemauan untuk mempelajari lebih dalam materi peluang, siswa lebih senang apabila guru yang menyelesaikan soal. Sehingga terbukti bahwa adanya kesulitan belajar matematika siswa kelas XI pada materi peluang di SMAN 1 Cipeundeuy.Kata-kata kunci:Analisis Kesulitan Belajar, Peluang
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED Laras Sekar Ayu; Moch Ilyas Moharom; Luvy Sylviana Zanthy
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal Open-Ended. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XII Animasi di Kota Cimahi, sample berjumlah 19 siswa yang selanjutnya dianalisis hasil jawabannya. Dari data yang sudah didapat lalu dipresentasekan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 5 butir soal dan wawancara secara langsung. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa didapat bahwa sebagian besar siswa dalam satu kelas yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis, adapun sebagian kecil siswa dalam kategori tidak kreatif dikarenakan adanya beberapa kendala, salah satunya adalah kendala imajinasi.  Kata-kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Open-Ended.
ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Gina Nursyamsiah; Silvia Savitri; Devi Nurul Yuspriyati; Luvy Sylviana Zanthy
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika  siswa MTs kelas VIII dalam materi bangun ruang sisi datar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes uraian yang berjumlah 5 soal dengan tingkat kesulitan berbeda. Dari data hasil tes analisis akhir diperoleh presentase kesulitan peserta didik dalam fakta sebesar 68,97% siswa kesulitan dalam  membandingkan jaring-jaring bangun ruang sisi datar , sebanyak  41,48% siswa masih kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi datar dan mengaitkannya kedalam materi lain ,sebanyak  89,66% siswa kesulitan dalam menerapkan sifar-sifat bangun ruang sisi datar, sebanyak  100% siswa kesulitan dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk gambar , dan sebanyak  82,76% siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kecukupan syarat suatu soal.Kata-kata kunci:Kesulitan, Belajar, Matematika.
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR Dessy Prihatini; Wahyu Setiawan
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi pokok bangun ruang sisi datar, serta apa saja yang menyebabkan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi pokok bangun ruang sisi datar. Pengambilan subyek penelitian yaitu dari 26 siswa kelas IX B di SMP Pasundan 3 Cimahi. Instrumen penelitian ini berupa instrumen tes yaitu 6 butir soal mengenai materi bangun ruang sisi datar. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi bangun ruang sisi datar diantaranya: a) Siswa kurang cermat membaca dan memahami maksud soal dengan baik. b) Siswa hanya menghafal rumus dan belum memahami konsep dengan baik. c) Siswa kurang teliti dalam pengerjaan soal. Solusinya adalah siswa perlu banyak berlatih dalam mengerjakan soal-soal tidak rutin dan mengulang kembali pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar. Kata-kata kunci:Analisis Kesalahan Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar.

Page 1 of 2 | Total Record : 17